LUBRICATING SYSTEM

SISTEM PELUMASAN

Hampir semua benda/komponen yang bersinggungan pasti membutuhkan pelumasan dan hal ini sudah seperti wajib hukumnya jika kita menginginkan umur komponen/mesin kita dapat terus memiliki performance seperti baru sampai lifetime yang di anjurkan oleh factory/pabrikanya. Namun pemilihan pelumas dsendiri tidaklah sembarangan kerena ada banyak jenis pelumas yang memang di desain dengan menyesuaikan kebutuhan kerja komponen yang akan dilumasi, misal : ada pelumas padat/greas, oli engine(15w 40), oli Hydraulich(telus 68), Oli transmisi/ATF dll. Dalam penggunaanya kita tidak boleh mencampur antara jenis pelumas tersebut karena masing-masing pelumas memiliki aditiv(bahan tambah untuk memperbaiki sifat pelumas) berbeda-beda hal ini akan mempercepat rusaknya pelumas itu sendiri.

Kembali ke lubricating system, untuk kali ini saya akan membahas sitem pelumasan pada engine diesle yang memang sangat banyak digunakan pada unit Alat Berat.

“Fungsi sistem pelumasan pada saat engine hidup adalah mengurangi terjadinya gesekan dan mencegah berkaratnya bagian – bagian engine yang bergerak tranlasi maupun rotasi”.

Berikut Lubbricating engine SAA6D125E-3

MB6a

Berikut komponen yang support pada lubricating system :

1. Scavenging pump = Saat posisi engine yang dioperasikan miring, oil mengalir dan berada di ujung oil pan. Sehingga oil yang bersikulasi tidak sempurna dan menyebabkan keausan pada komponen – komponen yang bergesekan. Scavenging oil sirkuit mempunyai strainer sendiri yang letaknya disisi berlawanan dengan strainer utama. Sehingga oil yng berada diujung oil pan dihisap oleh scavenging pump melalui strainernya dan dikirimkan ke sisi lawannnya

MB7

 

 

 

 

 

 

2. Bay Pass Filter = Oil pelumas di oil pan secara normal mengalir melalui oil pump dan oil filter ke berbagai macam komponen dalam. Dengan adanya tambahan bypass filter sirkuit. Oil terjaga kebersihannya sehingga memperkecil kebuntuan filter oil(main oil filter), serta untuk membantu mendinginkan oli.

MB8

 

 

 

 

 

 

⇒ Fungsi baypass filter dan fullflow filter :

  • Fullflow type berfunngsi membawa seluruh aliran oil ke komponen dalam melalui filter oil jenis fullflow.
  • Baypass type berfungsi mengembalikan sebagian oil yang dikirim dari oil pump ke oil pan.

3. Relief Valve berfungsi membatasi tekanan yang menuju ke system pelumasan.

4. Engine Oil Filter berfungsi menyaring kotoran yang ikut bersirkulasi bersama oli.

5. Thermovalve berfungsi mengatur aliran oli kapan dia langsung sirkulasi ke main gallery dan kapan dia harus didinginkan dulu di oil cooler sebelum ke main gallery, untuk mempercepat tercapainya suhu kerja.

6. Safety valve filter berfungsi sebagai pengaman pada saat oil filter buntu,sehingga akan tetap ada aliran oli kesistem selama engine hidup.

 7. Oil Cooler berfungsi mendinginkan oli engine dan bersama-sama cooling system mempertahankan suhu engine tetap setabil pada suhu kerjanya 70-90ºC.

» Fungsi oli pada engine lubricating system :

  • Membentuk lapisan minyak/film (pada dinding linner ruang bakar).
  • Pendingin (membawa panas komponen engine ke oilpan).
  • Penyekat (membantu menahan takanan kompresi antara ring piston dan linner).
  • Pembersih (membawa endapan/kotoran/gram ke oilpan).
  • Bantalan (mencegah sentuhan langsung antara kompenen yang bergesekan).
  • Anti karat (mencegah proses korosi/kimia antara besi dengan O2 secara langsung).

“Sharing masalah yang sering terjadi pada lubrikating salah satunya adalah kerusakan vicositas oli/kekentalan oli, biasa kita jumpai kondisi oli yang encer setelah sekian jam operasi unit berlangsung, hal ini pasti terjadi karena pada komponen engine terjadi namanya oxidasi/pembakaran. Pada engine diesel oliakan cepat rusak juga terpangaruh dari kadar sulfur yang terkandung pada fuel/solar, karena sulfur sangat bersifat korosif dan mempercepat turunya angka TBN(total base nummber) dan oli akan semakin encer/sifat pelumasanya berkurang sertamempercepat rusaknya komponen-komponen dalam engine,sekian dulu sobat semoga bermanfaat kritik/saran silahkan inbox dan TETAP SEMANGAT….!!!.

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di DUNIA TEKNIK, Lubricating System dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s