FUEL SYSTEM

FUEL SYSTEM

MB9

System pada engine yang bekerja mengalirkan dan mensuplai bahan bakar dari tanki fuel ke ruang bakar dengan cara dikabutkan agar mempermudah terjadinya proses pembakaran. Sistem penyaluran bahan bakar setiap engine pada dasarnya sama, tapi dengan kebutuhan dan fungsi yang berbeda, sehingga terdapat dua macam cara untuk menyalurkan bahan bakar pada engine diesel :

A. Mengunakan Nozzle.
B. Menggunakan Injector.

A. MENGGUNAKAN NOZZLE.
Sistem bahan bakar pada engine aplikasi nozzle terdiri atas komponen utama :
1. Tangki bahan bakar ( fungsinya menampung fuel juga bisa sebagai pendingin )
2. Pompa aliran ( feed pump ).
3. Saringan bahan bakar( filter ).
4. Pompa injeksi bahan bakar( FIP ).
5.Penyemprot bahan bakar( injection nozzle).

MB12

 

 

 

 

 

 

1. Feed Pump ( Variable Delivery Type ).
Fungsinya adalah : Mensupply bahan bakar ke pompa bahan bakar dengan tekanan rendah yaitu berkisar 1.2 -2.6 kg/cm2. Bersama – sama dengan pompa priming mensupply bahan bakar ke sistem pada saat engine dalam keadaan masuk angin(engine hunting = sistem bahan bakar kemasukan udara ).

2. Fungsi dan Klasifikasi Fuel Filter.
Fungsinya fuel filter adalah sebagai penyaring kotoran yang ikut terbawa fuel bersirkulasi dalam fuel system.

Klasifikasinya ( Menurut standar ISO ) :
a. Platted Paper Element
b. Wire Mesh FilterMB10
c. Metal Edge Filter
Menurut Standar ( SAE ) :
– Strainer
– Screen
– Filter; fine filter & Coarse filter

 

 

• Pengertian Filtering Area adalah luas bidang penyaringan sebuah filter.
• Arti Mesh dan Mikron
⇒ Mesh adalah jumlah pori-pori persatuan inch pangkat dua pada sebuah filter.
⇒ Mikron adalah besarnya diameter pori-pori sebuah filter.

3. Pompa injeksi bahan bakar ( Fuel Inejction Pump ).
Fungsinya adalah : Mensupply bahan bakar ke nozzle dengan tekanan tinggi max 300 kg/cm2, menentukan jumlah bahan bakar yang disemprotkan dan menentukan
timing penyemprotan. Setiap pemasanga fip baik baru maupun bekas harus di lakukan kalibrasi timming injeksi yang sesuai.Hal ini penting sekali karenakan jika tidak dikalibrasi/kalibarasi tapi tidak tepat maka akan mengakibatkan nois atau bahkan masalah yang serius pada kompanen engine pada umumnya kalibrasi start off injeksi pada fip berkisar antara 10º – 25º BTDC,atau dapat kita lihat langsung standar pada name plate enginenya.

4. Nozzle.
Fungsinya : Untuk mengabutkan atau menyemprotkan bahan bakar yang dikirim dari FIP. Baik tidaknya pengabutan ditentukan dengan kekuatan spring nozzle.
Untuk menaikkan atau menurunkan kekuatan spring dapat dengan menambah     atau mengurangi shim dan ada juga yang menggunakan adjater screw.

B. MENGGUNAKAN INJECTOR.
Dewasa ini produk engine dari dunia automotive termasuk di dalamnya teknologi engine alat berat hampir semuanya sudah mulai diterapkan system high injeksi dalam hal ini mengunakan injector sebagai komponen pengkabut fuel di ruang bakar tentu saja hal ini juga di pengaruhi tuntutan global mengenai slogan “Low Emission/Ramah lingkungan” Selain itu hasil dari kualitas pengkabutan injector pada high pressur dapat menghasilkan campuran bahan bakar dan udara
yang lebih homogen sehingga dapat memaksimalkan prosses pembakaran yang lebih sempurna di ruang bakar.

MB11

Salah satu kelebihan injector dibanding nozzle adalah kwalitas pengkabutanya yang lebih lenbut dan homogen karena menggunakan pressure yang tinggi bisa mencapai 25000 PSI, hal inilah yang mennyebabkan percampuran partikel udara murni dan partikel fuel dengan cepat bercampur, sehingga pembakaran yang terjadi diruang bakar lebih sempurna dan mengurangi efek timbulnya jelaga.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di DUNIA TEKNIK, Fuel System dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s